Rabu, 02 Maret 2011

Sejarah Ditemukannya Rubik

      Tahukah anda penemu benda kotak 3 dimensi yang di namakan rubik adalah Erno Rubik.Dia dulunya adalah dosen di Akademi Seni Terapan dan Kerajinan di Budapest, Hungaria, dia menemukan mainan ini sekitar tahun 1974.  Eeno Rubik dulunya adalah seorang perancang dan penemu yang sangat tertarik dengan bentuk geometry 3D. Karena ketertarikannya itulah dia bisa menemukan mainan yang sekarang dimainkan banyak orang dan dengan bentuk yang semakin bervairiasi itu.

     Awalnya Erno Rubik merancang 3x3x3 kubus fleksibel, tapi merasa desainnya itu masih kurang mantab. Suatu hari di musim panas, beliau sedang duduk di pinggiran sungai Danube, Ia melihat batu-batuan di pinggir kali yang berbentuk bulat karena dibentuk oleh air. Bentuk dari bebatuan ini memberinya ide dan akhirnya Ia merancang sebuah bentuk-bulat untuk interior dalem dari kubus mainan itu. Nggak lama setelah itu Erno Rubik kemudian mempatenkannya. Dan butuh beberapa tahun  untuk persiapan untuk produksi massal mainan itu, akhirnya di tahun 1977 mainan Rubik pertama di jual di toko mainan di Budapest.

     Atas usaha dua orang Hungaria yang tinggal di luar negeri yang membawa mainan ini ke Negeri Barat, lama setelah mainan ini mewabah di Budapest. Seorang pekerja Hungaria yang bekerja di Wina, “menemukan” mainan ini waktu sedang dinas di Budapest dan berusaha menemukan makelar mainan di Jerman. Akhirnya dia malah bertemu dengan Tom Kremer, penemu mainan yang terlahir di Hungaria yang berkantor di London. Dua orang ini akhirnya membikin rencana pemasaran dan akhirnya mendapatkan persetujuan dari salah satu eksekutif perusahaan mainan yang langsung memesan 1 juta biji ! Mainan Rubik langsung mendunia. Penjualan meroket di tahun 1980 dan di tahun 1982..

Itulah sejarah dari mainan yang mungkin sekarang sudah kalian punya itu..... 

sumber : http://ditha10.wordpress.com/2009/11/25/sejarah-rubic/

1 komentar: